1.
Kejelasan dan Kepastian
Pelayanan
Sistem dan prosedur pelayanan ditinjau dari sisi kejelasan dan
kepastian pemberian pelayanan yang merupakan budaya organisasi (corporate
culture) dalam memberikan pelayanan tidak boleh berbelit-belit, dalam
sosialisasi harus menggunakan bahasa yang mudah dicerna, sehingga tidak terjadi
miskomunikasi.
TABEL IV.5.
PERNYATAAN
RESPONDEN TENTANG KEJELASAN DAN KEPASTIAN PELAYANAN
(n=67)
No.
|
Pernyataan Responden
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1.
|
Sistem dan prosedur pelayanan sangat
jelas dan sangat pasti.
|
43
|
64,18
|
2.
|
Sistem dan prosedur pelayanan jelas dan
pasti.
|
20
|
29,85
|
3.
|
Sistem dan prosedur pelayanan kurang
jelas dan kurang pasti.
|
4
|
5,97
|
4.
|
Sistem dan prosedur pelayanan tidak
jelas dan tidak pasti.
|
-
|
-
|
|
Jumlah
|
67
|
100
|
Sumber :
Hasil Penelitian Tahun 2007
Berdasarkan tabel di atas, menunjukkan sebesar 64,18% responden
mengatakan bahwa sistem dan prosedur pada peserta ditinjau dari sisi kejelasan
dan kepastian pemberian pelayanan sangat memadai, Tour Belitung sebesar 29,85% responden
mengatakan bahwa sistem dan prosedur peserta ditinjau dari sisi kejelasan dan
kepastian pemberian pelayanan memadai. Namun yang perlu Belitung Tour dicermati adalah masih
ada 5,97% respoden mengatakan bahwa pelayanan yang diberikan belum Tour Belitung Murah memberikan
kejelasan dan kepastian pelayanan kepada peserta Hal ini dapat dimungkinkan
karena masih belum menyeluruhnya Travel Belitung sistem pelayanan diterapkan, karena masih
adanya benturan Paket Tour Belitung antara sistem dan prosedur pada tingkat pelaksana di lapangan.
2.
Keamanan dan Kenyamanan
Pelaksanaan Pelayanan
Jika peserta datang ke kantor merasa aman
dan nyaman dengan terpenuhinya fasilitas baik sarana maupun prasarana.
TABEL IV.6
PERNYATAAN
RESPONDEN TENTANG KEAMANAN DAN KENYAMANAN PELAKSANAAN PELAYANAN
(n=67)
No.
|
Pernyataan Responden
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1.
|
Dalam proses pelayanan sangat aman dan
nyaman.
|
44
|
65,67
|
2.
|
Dalam proses pelayanan aman dan nyaman.
|
18
|
26,87
|
3.
|
Dalam proses pelayanan kurang aman dan
kurang nyaman.
|
5
|
7,46
|
4.
|
Dalam proses pelayanan tidak aman dan
tidak nyaman.
|
-
|
-
|
|
Jumlah
|
67
|
100
|
Sumber : Hasil Penelitian Tahun 2007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar