Minggu, 12 Juli 2020

Kejelasan dan Kepastian Pelayanan


1.      Kejelasan dan Kepastian Pelayanan
Sistem dan prosedur pelayanan ditinjau dari sisi kejelasan dan kepastian pemberian pelayanan yang merupakan budaya organisasi (corporate culture) dalam memberikan pelayanan tidak boleh berbelit-belit, dalam sosialisasi harus menggunakan bahasa yang mudah dicerna, sehingga tidak terjadi miskomunikasi.

TABEL IV.5.
PERNYATAAN RESPONDEN TENTANG KEJELASAN DAN KEPASTIAN PELAYANAN
(n=67)

No.
Pernyataan Responden
Frekuensi
Persentase
1.
Sistem dan prosedur pelayanan sangat jelas dan sangat pasti.
43
64,18
2.
Sistem dan prosedur pelayanan jelas dan pasti.
20
29,85
3.
Sistem dan prosedur pelayanan kurang jelas dan kurang pasti.
4
5,97
4.
Sistem dan prosedur pelayanan tidak jelas dan tidak pasti.
-
-

Jumlah
67
100
Sumber : Hasil Penelitian Tahun 2007

Berdasarkan tabel di atas, menunjukkan sebesar 64,18% responden mengatakan bahwa sistem dan prosedur pada peserta ditinjau dari sisi kejelasan dan kepastian pemberian pelayanan sangat memadai, Tour Belitung sebesar 29,85% responden mengatakan bahwa sistem dan prosedur peserta ditinjau dari sisi kejelasan dan kepastian pemberian pelayanan memadai. Namun yang perlu Belitung Tour dicermati adalah masih ada 5,97% respoden mengatakan bahwa pelayanan yang diberikan belum Tour Belitung Murah memberikan kejelasan dan kepastian pelayanan kepada peserta Hal ini dapat dimungkinkan karena masih belum menyeluruhnya Travel Belitung sistem pelayanan diterapkan, karena masih adanya benturan Paket Tour Belitung antara sistem dan prosedur pada tingkat pelaksana di lapangan.

2.      Keamanan dan Kenyamanan Pelaksanaan Pelayanan
Jika peserta datang ke kantor merasa aman dan nyaman dengan terpenuhinya fasilitas baik sarana maupun prasarana.
TABEL IV.6
PERNYATAAN RESPONDEN TENTANG KEAMANAN DAN KENYAMANAN PELAKSANAAN PELAYANAN
(n=67)

No.
Pernyataan Responden
Frekuensi
Persentase
1.
Dalam proses pelayanan sangat aman dan nyaman.
44
65,67
2.
Dalam proses pelayanan aman dan nyaman.
18
26,87
3.
Dalam proses pelayanan kurang aman dan kurang nyaman.
5
7,46
4.
Dalam proses pelayanan tidak aman dan tidak nyaman.
-
-

Jumlah
67
100
Sumber : Hasil Penelitian Tahun 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar